Pages

Ads 468x60px

18 Maret 2010

Membuat Charger Battery dari PSU (Power Supply Unit) PC

Seperti janji yang saya ungkapkan pada blog saya sebelumnya, berikut adalah pembahasan bagaimana membuat alat charger battery. Oiya, untuk diketahui juga bahwa, alat charge ini juga dapat digunakan untuk charger Aki lho :) tergantung dari tegangan output yang digunakan.

Langkah-langkah untuk membuat alat charger Battery dari Power Supply Unit (PSU) Personal Computer (PC) adalah sebagai berikut;

Langkah 1

alat cas 001

Siapkan Power supply PC yang akan kita bedah. Dari PSU yang sudah kita siapkan, tentukan dan pilihlah kabel mana saja yang kita ingin gunakan.

alat cas 003

Perlu diperhatikan bahwa, pada power supply unit ini terdapat 2 kelompok jalur, pertama jalur ke mainbord komputer (24 pin) dan sisanya yang kecil kecil (4 pin) menuju ke perangkat atau device komputer. Nah, pada gambar diatas, di tangan sebelah kanan saya, atau gambar colokan atau socket yang sebelah kiri (24 pin) itu adalah jalur yang menuju ke Mainbord komputer. kita bisa memanfaatkan jalur itu saja, karena di jalur itu semua tegangan dan power on berada, namun tidak menutup kemungkinan menggunakan semua jalur yang ada, tergantung dari kebutuhan. sedangkan sisanya, hanya berupa tegangan output 5 volt (kabel warna merah) dan 12 volt (kabel kuning). Kode warna pada kabel Kabel yang warna hitam adalah negatif atau grounding nya. perlu di ingat juga bahwa, semua kabel yang memiliki warna yang sama, sebenarnya sama-sama satu jalur atau satu induk. jadi jangan berpikir kalau kabel warna hitam di jalur yang ke mainbord itu berbeda dengan yang ada di jalur ke device. Kabel warna orange adalah kabel yang menujukkan tegangan +3,3Volt, untuk Arus yang dihasilkan tergantung dari keterangan tiap tiap PSU. Kabel warna Merah adalah kabel yang memiliki tegangan +5 Volt. pada PSU umumnya, arus yang dimilki oleh kabel merah atau tegangan 5Volt ini memiliki Arus yang lebih besar dari tegangan yang lainnya. Kabel warna Kuning memiliki tegangan output +12 Volt. kabel yang kuning ini adalah kabel yang memiliki keluaran tegangan tertinggi.

alat cas 016

Kabel Warna Hijau adalah kabel Power, yaitu kabel yang berfungsi untuk menghidupkan power supply itu sendiri. ketika PSU kita colokkan pada power PLN, PSU tidak bisa langsung menyala. oleh karena itu, kabel hijau inilah yang berfungsi untuk menghidupkan PSU.

Langkah 2

Memilah kabel hijau dan memotongnya. bagi yang sayang kalau kabel PSu nya di potong atau ada maksud lain, bisa menggunakan jumper saja di kaki pin hitam dan hijau itu, supaya PSU dapat menyala.

alat cas 017

Bagi yang ingin membuatkan saklar khusus, bisa dibuat pada bagian kabel hijau dan hitam ini. kalau mau on atau hidup, tinggal hubungkan saja antara kedua kabel itu. begitu pula jika ingin off atau mematikan alat charge itu. Berikut adalah gambar saklar yang telah saya buat.

saklar

Langkah 3

Memilih tegangan buat charger baterai.

Disini saya lebih memilih tegangan 5Volt atau kabel warna merah, karena memiliki arus yang lebih besar dari tegangan voltase yang lain. Agar lebih aman, saya memasangkan secara seri dua buah baterai. Bagi yang ingin menggunakan tegangan 3,3 volt pun boleh saja. bagaimana dengan yang 12 volt? bisa juga, tapi harus di seri 6 – 8 baterai. kalau tidak, bisa cepat panas, dan pengisian tidak sempurna. selain itu juga, baterai menjadi cepat rusak.

Langkah 4

Membuat tempat dudukan baterai. Tempat dudukan baterai bisa kita gunakan dari bekas alat charge lama. bisa juga membeli yang sudah jadi di toko elektronik. Atau bisa juga membuat dari kayu seperti yang saya buat ini.

alat cas 009

Pada bagian positif baterai kita pasangkan kabel merah. sedangkan pada bagian negatif baterai, kita pasangkan dengan kabel yang berwarna hitam. atau positif ketemu positif, negatif ketemu negatif.

Selamat membuat alat charge baterai :)

29 komentar:

septian mengatakan...

yang perlu diperiksa bagian/komponen mana, bila tegangan 12v nya tidak keluar, wktu dihubungkan kabel hijau dan hitan sempat nyala sebentar ditunggu jawabannya dari siapapun.

Anonim mengatakan...

Hallo..
Maaf nich saya mau tanya agak di luar kontex nya..
tp tetep seputar power supply PC.
Jadi gini, saya ingin untuk membuat Audio mobil
dengan spesifikasi begini:
1 Headunit
1 Power amplyfire
1 set Speaker 6,5"
1 Subwoofer 10/12 "

Nah yg saya ingin tanyakan, kalo Volt's pasti cukup, karna 12V, tapi ampere nya gimna??
mengingat mobil menggunakan 30a, 35a, 40a.

saya punya power supply bekas PC saya yg masih baik, merk power up, sekelas simbadda 480W (yg keluar cuma 200W aja)
Tolong ya bantuan ilmunya..
hehehe

Oya, mungkin jawabannya bisa minta tolong untuk di kirimkan ke Email:
nico_x_pig2@yahoo.com
An. Nico

Thanx bnyak ya sebelumnya..
^.^

Unknown mengatakan...

bisa kok power supply digunakan untuk head audio mobil, tapi kalo bisa gunakanlah power supply dengan merk bagus (bukan merk china agar tegangan yg dihasilkan murni atau stabil sesuai dengan keterangan yg tertera pd powersupply(PSU) tersebut, bisa juga gunakan PSU bekas copotan CPU branded atau bulit up) dengan watt diatas 300w. PSU kisaran ampernya 13A s/d 20A bahkan ada yang lbh besar lg.

Anonim mengatakan...

salam sejahtera....
saya sudah test rangkaian yg di atas,
ad masalah knapa kabel merah & hitam (saya menggunakan 5v) panas ketika di pasang baterai, itu knpa?

terimakasih...

terry mengatakan...

kalau untuk charger aki mobil bisa nggak?

NAWAZ RAMADHAN mengatakan...

Thx info nya gan, sgt bermwnfaat. Tp mau tnya. Kalo gak pake saklar brrt kabel hijau ma hitam nya lgsg disambung ya? Thx

Anonim mengatakan...

biar aman tes satu2 pake multitester dulu

Unknown mengatakan...

salam ... saya udah coba kok hasilnya power suplay malah mati...ap karna yg saya gunakan power suplay yg murah yah?

Anonim mengatakan...

Tolong djawab ya mas ,,
saya belum ngerti pasang kabel merah dan hitam nya dibatre ,,
posisi kabel nya dimana dan posisi batre nya gimana ?

Unknown mengatakan...

gan ane mau tanya...

ane dah buat charger berhasil tapi kendalanya batt yang di charger cepat panas kurang lebih 1 mnt'an untuk charge,dan jga power suplay'a jga kadang2 mati sendiri setelah cabut kabeel dari 220vac(dari listrik pln)nyala kembali.apa perlu saya kasih tahanan atau gmna?????mohon pencerahannya

Unknown mengatakan...

gan ane mau tanya...

ane dah buat charger berhasil tapi kendalanya batt yang di charger cepat panas kurang lebih 1 mnt'an untuk charge,dan jga power suplay'a jga kadang2 mati sendiri setelah cabut kabeel dari 220vac(dari listrik pln)nyala kembali.apa perlu saya kasih tahanan atau gmna?????mohon pencerahannya

Anonim mengatakan...

gannn.. ada tutorial video nya gk?

mroy mengatakan...

gan ane udah cba dan hasil yang saya pke kbel merah cpet panas kabelnya, trus kdang batrei saya msukan ke tempatnya malh mesin psu nya mati2 gan gmna tlong ilmunya dong gan..

Unknown mengatakan...

Cara menambahkan avometer/multytestergimana ya gan...soalnya saya lihat bnyk punya orang mmkai charger psu yg di lengkapi dengan avometer...

Anonim mengatakan...

Gan mau nanya kabel warna merah (5v) mau di pake 1 aja atau semuanya soalnya di sini ada 7

Anonim mengatakan...

klo untuk cas aki basah bisa ga gan?

Anonim mengatakan...

mantap, tp tempat cargernya kekecil ooooooooooooooooooomnmnmnmbncbvg

Ricki amanto mengatakan...

Kalau charger hp tapi di buat banyak gmn. ..tetep pakai 5 volt

Unknown mengatakan...

Gan saya udh coba tp kabelnya kok panas dan kulitnya meleleh? Apa harus pakek kabel yg lbh gede atau kabelnya harus pakek lbh dr 1 kabel mohon saran nya ya

Unknown mengatakan...

Mana bisa psu 12 volt di alirin arusnya ke aki.. yg ada kgk ngisi2 tu aki

Unknown mengatakan...

Mana bisa psu 12 volt di alirin arusnya ke aki.. yg ada kgk ngisi2 tu aki

Unknown mengatakan...

Om. Kalo cuma ngeCharge 1 pasang batre saja.
Lebih baik pakai kabel "merah" atau "orange" ya?

Thank you

Unknown mengatakan...

Mungkin situ ngechargenya cuma 1 pasang batre ya?

Unknown mengatakan...

Kalo cepat panas, berarti udah terisi om

Khusus batre charge ya...
(Yang bisa di cas ulang)

Unknown mengatakan...

Kalau untuk charge 1 pasang batre saja..

Gunain kabel warna "Orange" jangan pakai yang "Merah"

Unknown mengatakan...

Mas kalau psu nya mati" sendiri bagaimana mas saat mengecas bateray nya tolong pencerahanya

Unknown mengatakan...

Bagaimana cara pasang multi tester di powersupply agar tau isi(voltase) battrynya apa lasung di solder tempat batrry atau di powersupply nya??bantu jawab gan ����

Unknown mengatakan...

Bagaimana cara pasang multi tester di powersupply agar tau isi(voltase) battrynya apa lasung di solder tempat batrry atau di powersupply nya??bantu jawab gan ����

Anonim mengatakan...

I’ve been searching for some decent stuff on the subject and haven't had any luck up until this point, You just got a new biggest fan!..yx301

Posting Komentar