Pages

Ads 468x60px

18 Maret 2010

Ngecek PSU

Lanjut ke babak 2... sekarang aku pengen ngecek PSU, siapa tau boardnya nggak modar yang modar PSU-nya... atau rail tegangannya drop... kan ngirit tuh nggak perlu ganti board cuman beliin PSU.

Pertama-tama amati PSU-nya, Simbadda 350w ATX, kotor berdebu... bersihin sebentar casingnya pake kuas... tiup-tiup... uhuk... uhuk... uhuk... batuk sedikit. Habis itu bersihin konektor-konektor power sama kabelnya... tiup-tiup lagi... amati lagi.



Kelihatannya dah lumayan bersih deh, berikutnya ambil perlengkapan untuk ngecek sebagai berikut :




Hubungkan pin pada kabel warna hijau dengan kabel warna hitam, pasang kabel listrik pada PSU dan tuncepkan pada stop kontak listrik... ting nyala kan.



Ambil multimeter digital, untuk ngecek rail 12 v colokkan jarum multimeter warna merah ke kabel PSU warna kuning dan jarum multimeter warna hitam ke kabel PSU warna hitam.



Untuk ngecek rail 5 v colokkan jarum multimeter warna merah ke kabel PSU warna merah dan jarum multimeter warna hitam ke kabel PSU warna hitam.



Diliat-liat tegangan setiap railnya masih bagus meski PSU dah berumur 4 tahunan dan tanpa diberi beban, jadi PSU nggak apa-apa dan nggak perlu diganti... sekarang dicoba dipasang di boardnya, mungkin yang matek malah boardnya.

Pasang sebentar ke casing... pasang konektor 20 pin + 4 pin ke board, pasang harddisk... pasang keyboard, monitor, kabel listrik... cetut tekan tombol power di casing... nyala... lho katanya mati - kok seperti nggak ada masalah ya.
Coba masuk ke BIOS... tekan del... amati sebentar... rubah setting yang tidak semestinya... simpan hasil perubahan... keluar dan restart... masuk Windows dengan sukses.

Kesimpulannya - PC nggak bermasalah sama sekali... masalahnya adalah user harus sering-sering bersihin, selain itu memory terlalu kecil... lebih baik kalau ditambah jadi 512 mb sukur-sukur 1024 mb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar