Pages

Ads 468x60px

22 April 2010

Menggunakan Power Supply ATX untuk Keperluan yang Lain

Halo halo! Gimana kabarnya para pembaca sekalian yang budiman? Mudah-mudahan semua dalam keadaan yang baik dan benar.

Artikel kali ini saya turunkan mengenai penggunaan power supply komputer (ATX) untuk keperluan selain komputer. Jadi power supply ATX (PSU ATX) ini difungsikan layaknya adaptor yang biasa kita pakai di rumah.

pc_power_supply1Apa sih keuntungan memakai PSU ATX ini untuk keperluan selain komputer?

Keuntungan utamanya adalah dia mempunyai output current yang tinggi. Dengan arus keluaran yang tinggi (> 5A) maka PSU ATX ini dapat digunakan untuk peralatan elektronik yang membutuhkannya. Misalkan tape mobil untuk di kamar.

Keuntungan lainnya adalah dia merupakan switching power supply. Jadi untuk mencapai arus keluaran yang tinggi nggak perlu trafo (transformator) yang besar. Coba deh bandingkan antara power supply rumahan dengan PSU ATX ini. Pada power supply rumahan, makin besar arus keluaran makin besar pula trafonya

Selain dua keuntungan diatas, PSU ATX juga mempunyai ripple atau riak yang kecil pada keluaran DC-nya. Artinya output DC benar-benar searah dan lebih halus dibanding power supply rumahan.

Tapi PSU ATX ini nggak punya saklar on/off untuk menyalakan di luar komputer. Kalau di komputer saklar on/off di panel depan case terhubung ke sirkuit power switching di mainboard yang pada akhirnya akan menyalakan PSU.

Naah, untuk menyalakan PSU ATX ini secara manual monggo perhatikan output pin PSU ATX dibawah :

atx-power-supply-pinout

Kuncinya adalah menghubung-singkatkan pin POWER ON (kabel hijau) dengan pin Ground yang mana saja(kabel hitam). Caranya terserah saja. Paling sederhana bisa pakai paper clip dan tancapkan ke ujung pin konektor kabel hijau dan hitam. Untuk keperluan permanen bisa juga dibuatkan saklar SPST yang akan menghubung-singkatkan ke dua pin diatas.

Seperti eksperimen elektronik lainnya kehati-hatian sangat diperlukan disini.

Artikel selanjutnya akan saya ulas mengenai membuat audio system sederhana menggunakan CD-ROM bekas, PSU bekas dan amplifier sederhana. Stay tune!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar