Pages

Ads 468x60px

27 Mei 2010

Azerbaijan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Langsung ke: navigasi, cari
Azərbaycan Respublikası
Bendera Lambang
Motto:
Lagu kebangsaan: Azərbaycan Respublikasının Dövlət Himni
Ibu kota
(dan kota terbesar)
Baku
40°22′N 49°53′E / 40.367°N 49.883°E / 40.367; 49.883
Bahasa resmi Azeri
Pemerintahan Demokrasi representatif
- Presiden İlham Əliyev
- Perdana Menteri Artur Rasizadə
Kemerdekaan Dari Uni Soviet
- Deklarasi 30 Agustus 1991
- Dahulu RSS Azerbaijan
Luas
- Total 86,600 km2 (112)
- Air (%) dapat dihiraukan
Penduduk
- Perkiraan September 2006 7.962.000 (91)
- Sensus - -
- Kepadatan 90/km2 (81)
PDB (KKB) Perkiraan 2004
- Total US$37,84 miliar (87)
- Per kapita US$4.500 (112)
Mata uang Manat (AZM)
Zona waktu (UTC+4)
- Musim panas (DST) (UTC+5)
Domain internet .az
Kode telepon 994

Republik Azerbaijan (bahasa Azeri: Azərbaycan Respublikası) adalah sebuah negara di Kaukasus di persimpangan Eropa dan Asia Barat Daya. Ia berbatasan dengan Rusia di sebelah utara, Georgia dan Armenia di barat, dan Iran di selatan. Republik Otonomi Nakhichevan (sebuah eksklave milik Azerbaijan) berbatasan dengan Armenia di sebelah utara, Iran di selatan, dan Turki di barat.

Azerbaijan adalah negara sekuler dan telah menjadi anggota dari Dewan Eropa sejak 2001. Mayoritas populasi adalah Muslim Syiah dan turunan Turki barat, dikenal sebagai Azerbaijani, atau singkatnya Azeri. Negara ini resminya demokrasi, namun dengan peraturan otoritas kuat.


Daftar isi

[sembunyikan]

[sunting] Sejarah

Sejarah awal penduduk daerah yang kini dikenal sebagai Azerbaijan ialah bangsa Albania Kaukasia, bangsa penutur bahasa-bahasa Kaukasus yang muncul di daerah ini sebelum rombongan besar orang yang akhirnya menyerang Kaukasus. Secara historis Azerbaijan telah dilindungi berbagai bangsa, termasuk bangsa Persia, Yunani, Romawi, Armenia, Arab, Turki, Mongol dan Rusia.

Sebuah batu prasasti dalam bahasa Albania kuno, ditemukan di kota Mingachevir, Azerbaijan.

Kerajaan pertama yang muncul di Republik Azerbaijan masa kini ialah Mannae pada abad ke-9 M, berlangsung hingga 616 SM saat menjadi bagian Kekaisaran Media, yang kemudian menjadi bagian Kekaisaran Persia pada 549 M. Satrapi Atropatene dan Albania Kaukasia didirikan pada abad ke-4 SM dan termasuk kurang lebih wilayah negara kebangsaan Azerbaijan dan bagian selatan Dagestan masa kini.

Islam tersebar cepat di Azerbaijan menyusul futuhat pada abad ke-78. Setelah kekuasaan Kekhalifahan Arab menyusut, beberapa negara semimerdeka telah terbentuk, kesultanan Shirvanshah menjadi salah satu darinya. Pada abad ke-11, Turki Seljuk yang menaklukkan menjadi kekuatan dominan di Azerbaijan dan meletakkan dasar etnis Azerbaijani masa kini. Pada abad ke-13-14, negeri ini diserang bangsa Mongol-Tatar.

Azerbaijan ialah bagia Kesultanan Persia Safavid selama abad ke-1518. Juga mengalami masa singkat perpecahan bangsawan pada pertengahan abad ke-18 hingga awal abad ke-19, dan terdiri atas kekhanan-kekhanan yang merdeka. Menyusul 2 perang antara Kesultanan Persia Qajar, seperti Ganja, Guba, Baku dan kekhanan-kekhanan merdeka lainnya, dan Kekaisaran Rusia, Azerbaijan direbut Rusia melalui Perjanjian Gulistan pada 1813, dan Perjanjian Turkmenchay pada 1828, dan beberapa perjanjian yang lebih awal antara tsar Rusia dan para khan berakhir pada dasawarsa pertama abad ke-19. Pada 1873, minyak ("emas hitam") ditemukan di kota Baku, ibukota Azerbaijan nantinya. Dari awal abad ke-20 hampir separuh cadangan minyak dunia disuling di Baku.

Lukisan Enver Aliyev yang menggambarkan warga negara Azerbaijan menggali parit dan rintangan antitank dekat Baku untuk mencegah serangan Nazi.

Setelah jatuhnya Kekaisaran Rusia selama PD I, Azerbaijan bersama Armenia dan Georgia menjadi bagian Republik Federasi Demokrasi Transkaukasia yang berumur pendek. Saat republik itu bubar pada Mei 1918, Azerbaijan menyatakan kemerdekaan sebagai Republik Demokrasi Azerbaijan. RDA ialah negara republik berpenduduk mayoritas Muslim pertama di dunia dan hanya berlangsung 2 tahun, dari 1918 hingga 1920, sebelum Tentara Merah menyerang Azerbaijan. Pada Maret 1922, Azerbaijan, bersama dengan Armenia dan Georgia, menjadi bagian RSFS Transkaukasia dalam Uni Soviet yang baru terbentuk. Pada 1936, RSFST bubar dan Azerbaijan menjadi republik bagian RSUS sebagai RSS Azerbaijan.

Selama PD II, Jerman Nazi menyerang Uni Soviet. Tujuan utama serangan Operasi Edelweiss Adolf Hitler ialah mencaplok ibukota kaya minyak Azerbaijan, Baku. Karena alasan perang, pekerja minyak Soviet diwajibkan bekerja tanpa henti dan warganegaranya menggali parit dan rintangan antitank untuk menghalau kemungkinan serangan musuh. Namun, Operasi Edelweiss gagal. Pasukan Jerman pertama kali gagal di pegunungan Kaukasus, mereka kalah telak dalam Pertempuran Stalingrad.

Pada 1990, orang Azeri berkumpul untuk memprotes kekuasaan Soviet dan menuntut kemerdekaan. Secara brutal demonstrasi itu ditindas oleh campur tangan Soviet dalam peristiwa yang kini disebut orang Azeri sebagai Januari Hitam. Namun pada 1991, Azerbaijan memproklamasikan kemerdekaannya saat jatuhnya Uni Soviet. Sayangnya, tahun-tahun awal kemerdekaannya teralihkan dengan perang terhadap Armenia dan gerakan separatis Armenia atas kawasan Nagorno-Karabakh. Meski ada gencatan senjata di tempat sejak 1994, Azerbaijan belum memecahkan konflik dengan Armenia atas wilayah yang dominannya orang Armenia. Sejak akhir perang, Azerbaijan kehilangan kendali 14 - 16% wilayahnya termasuk Nagorno-Karabakh sendiri. [1][2] Sebagai akibat konflik, kedua negara menghadapi masalah pengungsi dan orang terlantar seperti kesulitan ekonomi.

Namun, mantan pemimpin Azeri Soviet Heydər Əliyev mengubah pola ini di Azerbaijan dan mulai mengeksploitasi cadangan minyaknya yang kaya di Baku, sesuatu yang membuat Azerbaijan terkenal. Heyder Eliyev juga membersihkan perjudian dan bisa menekan tingkat pengangguran di negara itu. Ia juga mencari hubungan lebih dekat dengan Turki saat secara serentak membuat usaha memecahkan konflik Karabakh secara damai dengan Armenia. Namun, keadaan politik di Azerbaijan tetap tegang khususnya setelah Heydar Aliyev, saat kematiannya, memilih putranya Ilham menyandang jabatan presiden. Kekuatan oposisi Azeri tak puas dengan pergantian dinasti ini dan menuntut pemerintahan demokratis.

[sunting] Nama

Kini, dalam masalah sejarah, penandaan istilah Azerbaijan telah bervariasi dari penandaan geografi historisnya dan ini telah menyebabkan beberapa diskusi politik. Ada beberapa hipotesis yang berkaitan dengan asal nama "Azerbaijan." Teori yang paling umum ialah secara eponim Azerbaijan dinamai menurut Atropates, satrap (gubernur) bangsa Media Iran, yang menguasai sebuah kawasan yang ditemukan di Azarbaijan Iran modern yang disebut Atropatene.[3] Dipercaya nama Atropates diturunkan dari akar Bahasa Persia Kuno yang berarti "dilindungi oleh api."[4]

Ada pula pendapat lain yang mengatakan bahwa istilah ini ialah Turkifikasi tipis dari Azarbaijan, versi nama Persia asli yang diarabkan Âzarâbâdagân, tersusu atas âzar+âbadag+ân (âzar=api; âbâdag=daerah olahan; ân=akhiran jamak); bahwa secara tradisional kata itu berarti "tanah api abadi" atau "tanah api", yang mungkin menyatakan secara tak langsung kuil api Zoroastrianisme di negeri ini. Beberapa sejarawan Azeri berpendapat bahwa nama itu tersusun atas 4 unsur bahasa Azerbaijan: az+er+bay+can, yang berarti "tanah orang Az yang pemberani" atau "sebuah tempat yang ditinggikan untuk kaum hartawan dan agung." Secara puitis Azerbaijan juga disebut Odlar Yurdu ("Negeri Api (Abadi)").

[sunting] Politik

[sunting] Pembagian administratif

Peta Azerbaijan

Azerbaijan terbagi atas:

  1. Rayon Abşeron,
  2. Rayon Agcabadi,
  3. Rayon Agdam,
  4. Rayon Agdas,
  5. Rayon Agstafa,
  6. Rayon Agsu,
  7. Kota Ali Bayramlı,
  8. Rayon Astara,
  9. Kota Baku,
  10. Rayon Balakan,
  11. Rayon Barda,
  12. Rayon Beylaqan,
  13. Rayon Bilasuvar,
  14. Rayon Cabrayil,
  15. Rayon Calilabad,
  16. Rayon Daskasan,
  17. Rayon Davaci,
  18. Rayon Fuzuli,
  19. Rayon Gadabay,
  20. Kota Gəncə,
  21. Rayon Goranboy,
  22. Rayon Goycay,
  23. Rayon Haciqabul,
  24. Rayon Imisli,
  25. Rayon Ismayilli,
  26. Rayon Kalbacar,
  27. Rayon Kurdamir,
  28. Rayon Laçin,
  29. Rayon Lənkəran,
  30. Kota Lənkəran/Lankaran Sahari,
  31. Rayon Lerik,
  32. Rayon Masalli,
  33. Kota Mingəçevir,
  34. Rayon Naftalan,
  35. Republik Otonomi Nakhichevan,
  36. Rayon Neftçala,
  37. Rayon Oguz,
  38. Rayon Qabala,
  39. Rayon Qax,
  40. Rayon Qazax,
  41. Rayon Qobustan,
  42. Rayon Quba,
  43. Rayon Qubadli,
  44. Rayon Qusar,
  45. Rayon Saatli,
  46. Rayon Sabirabad,
  47. Rayon Saki,
  48. Kota Saki,
  49. Rayon Salyan,
  50. Rayon Samaxi,
  51. Rayon Samkir,
  52. Rayon Samux,
  53. Rayon Siyazan,
  54. Kota Sumqayit,
  55. Rayon Susa,
  56. Kota Susa,
  57. Rayon Tartar,
  58. Rayon Tovuz,
  59. Rayon Ucar,
  60. Rayon Xacmaz,
  61. Kota Xankandi/Khankendi,
  62. Rayon Xanlar,
  63. Rayon Xizi,
  64. Rayon Xocali,
  65. Rayon Xocavand,
  66. Rayon Yardımlı,
  67. Rayon Yevlax,
  68. Kota Yevlax,
  69. Rayon Zangilan,
  70. Rayon Zaqatala,
  71. Rayon Zardab.

Dari : Wikipedia Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar